Sabtu, 10 Maret 2012

FUNGSI TERBILANG Di Ms.Excel

Fungsi Terbilang di Excel Hingga Milyar dan Sen
Sebenarnya tidak ada perbedaan mendasar penggunaan Fungi Terbilang di Microsoft Excel 97-2003 dengan Ms. Excel 2007 atau Excel 2010. Hanya saja karena perbedaan tampilan yang terkadang membingungkan para penggunanya.

Tulisan kali ini adalah langkah-langkah membuat fungsi terbilang di Excel 2007 maupun Excel 2010, tetapi fungsi terbilangnya dibandingkan tulisan terdahulu, kali ini angka terbilangnya hingga dua digit dibelakang koma (sen)

Misalnya ketika kita menuliskan angka Rp. 25.560.500,34 di sel A1, maka di sel B1 jika menggunakan rumus =terbilang(A1); maka hasil terbilangnya menjadi Dua Puluh Lima Juta Lima Ratus Enam Puluh Ribu Lima Ratus Rupiah, Tiga Puluh Empat Sen.

Adapun langkah-langkahnya untuk membuat rumus tersebut pada Office Excel 2007 dan Excel 2010, adalah:
1. Pertama-tama download file terbilang.xla yang merupakan excel add ins klik disini
2. Simpan file tersebut pada lokasi yang tidak berubah-ubah atau tetap, misalnya di C:\WINDOWS, jangan lupa di extrak menjadi file biasa (terbilang.xla) jangan dalam bentuk rar atau zip.
3. Buka program Microsoft Excel 2007 dan klik gambar windows bulat (Office button) paling kiri atas kemudian klik Excel Option di bagian bawah, bagi yang memakai Microsoft Excel 2010 klik File lalu Options.

4. Lalu klik Add-Ins dan klik Go, maka akan tampil jendela pop up Add-Ins,
5. Klik Browse, lalu cari file terbilang.xla hasil download yang telah di simpan di C/windows hasil ekstak tadi.
6. Setelah berhasil maka dalam pop up Add-Ins akan bertambah menu terbilang seperti gambar dibawah ini.

Jika berhasil anda dapat menggunakan fungsi tersebut seperti contoh diatas. Misalnya tuliskan angka di sel A1 2345000,45 lalu di sel B1 tuliskan rumus =terbilang(A1) maka nanti akan mendapatkan hasil terbilangnya menjadi DUA JUTA TIGA RATUS EMPAT PULUH LIMA RIBU RUPIAH, EMPAT PULUH LIMA SEN.

Selamat mencoba...

1 komentar:

Labels